Siapa Bilang Mencari Nafkah dimulai dari Jam 8 Pagi ??

Sudah dari dulu, sejak pertama kali menempati kosan di daerah megakuningan ini saya ingin bercerita tentang kehidupan yang sudah dimulai sejak sebelum subuh… hari ini sewaktu menuju dan sepulang sholat subuh dari masjid, kebetulan saya membawa handphone, dan muncul lah niatan untuk mengabadikan beberapa kegiatan mencari nafkah yang sudah dimulai sebelum subuh

1. Warung Makan Tengah malam…

Warung makan yang satu ini sangat unik, bertempat di pertigaan jl perintis dan jl guru mughni… baru buka sekitar jam 1 malam dan tutup setelah subuh, dan tahukah kalian bahwa tempat makan seperti ini, sangat rame di malam hari, tak jarang rombongan yang makan disini adalah rombongan anak2 muda menggunakan mobil2 bagus… tak jarang sewaktu saya pulang tengah malam dari kantor jika kebagian shift malam, saya menemukan mobil2 bagus parkir disekitar warung ini seperti alphard, honda jazz, innova, dll… bahkan mobil patroli polisi pun juga sering nongkrong disini…

Dan lihat saja, sampai setelah subuhpun masih banyak yang makan di warung ini…

2. Penjual Sayuran

Sudah tidak heran lagi jika biasanya di pasar-pasar tradisional, jika mau memperolah sayuran segar maka datang lah di tengah malam menuju pagi, karena pada saat-saat itu sayuran berlimpah jumlahnya di pasar… begitu juga dengan warung sayuran yang satu ini… sudah dibuka sejak sebelum subuh… nggak kebayang yang punya warung pergi kepasarnya sejak jam berapa…

Masih berhubungan dengan penjual sayur, saya sangat terkesan dengan ibu tua yang satu ini, beliau buka lapak tepat didepan gang palapa jalan perintis… jaraknya lumayan jauh dari warung sayur sebelumnya… biasanya pagi2 sekali beliau diantar sebuah motor, saya kurang tahu pasti apakah yang bawa motor itu anaknya atau tukang ojek, tapi biasanya habis nurunin karung berisi sayuran yang akan dijual si ibu, bapak yang bawa motor itu juga membantu si ibu mempersiapkan tempat dagangnya baru kemudian pergi…

3. Nasi Uduk

Dari beberapa penjual nasi uduk yang saya temui di sekitar perintis dan guru mughni ini, warung yang satu inilah yang dibuka paling pagi… salut buat si ibu penjualnya… dagangan beliau sudah lengkap sejak sebelum subuh…

4. Pedagang Nasi Kaki Lima…

Kalau yang satu ini saya sudah maklum… biasanya jika bekerja menjual nasi, maka kegiatan masak memasak sudah dimulai jauh2 sebelum subuh… begitu juga dengan si mas yang satu ini rumah beliau tak jauh dari kosan saya, biasanya ketika saya berangkat menuju masjid, beliau sudah sibuk menanak nasi, goreng ikan, tempe, tahu, dll… dan sapaan sopan serta senyuman penuh semangat selalu diperlihatkan si mas penjual nasi ini… sekitan jam 8 pagi-an biasanya semuanya sudah rapi di dalam gerobak untuk dibawa ketempat biasanya beliau jualan… Namun sayang fotonya buram… jadi nggak ditampilkan…

Beliau-beliau lah yang selalu menjadi semangat saya dalam memulai menjalani hari… dan beliau beliau lah yang selalu mengingatkan saya untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT…

1 comments

Tinggalkan komentar