~ my personal blog ~

Iseng moto-in “Burung Merpati Kawin…”

Kemaren siang, sehabis matiin TV dan Komputer, saya berencana untuk baca buku yang baru saya beli dari toko buku wali songo kwitang… baru baca beberapa halaman, saya melihat pemandangan lucu di atap rumah sebelah… Yaaaa “Burung Merpati Kawin…” muncul lah perilaku iseng saya… mengabadikan proses demi proses perkawinan burung merpati ini… dan inilah dia hasilnya…

Dan inilah catatan saya setelah mengamati proses demi proses yang terjadi *duileee bahasanyaaa…*:

  • Waktu pertama kali hinggap di atas atap… kedua burung itu sepertinya melakukan percakapan yang serius, sampai-sampai nggak sadar kalau ada orang yang sibuk memotret tingkah lakunya…
  • Tak lama kemudian sang pejantan mengambil posisi lebih dekat dengan sang betina…
  • Dan yang membuat saya terkejut adalah sepasang burung itu berciuman dan itu berlangsung bukan hanya sekali dua kali saja tetapi berkali-kali… ternyata burung merpati yang dengan bentuk mulut seperti itupun tetap bisa melakukan aktifitas ciuman… *lumayan kaget karena belum pernah lihat/dengar sebelumnya…*
  • Kemudian terjadi proses perkawinan yang hanya berlangsung beberapa detik saja…
  • Yang membuat saya juga terkejut adalah setelah selesai kawin masing-masing burung merpati itu seperti membersihkan dirinya dengan cara mengigit-gigit badannya seperti mencari kutu… mungkinkah ini proses mandi junub ala burung merpati ??
  • Dan tahukah kalian, sepanjang yang saya perhatikan sudah 4 kali mereka melakukan proses kawin… ternyata burung merpati napsunya besar juga yaa… :)
One response

  1. uo,;luighkju6toy7njrfymkiuto,gynyum76u7ngtnby

    Desember 26, 2010 pukul 12:41 pm

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.