Listrik Prabayar : hemat listriknya, mudah caranya, banyak manfaatnya

Yup, mungkin itulah semacam kata2 sakti yang dikeluarkan oleh PLN untuk mempromosikan salah satu programnya “Listrik Prabayar”…

Hari minggu kemaren, setelah menghadiri walimahan saudara di daerah cinere jakarta selatan, pulangnya saya ikut (baca:nebeng) rombongan Kakak (baca:Uni dalam bahasa Minang) yang ingin sekalian melihat perkembangan pembangunan rumah barunya di kawasan Kranggan, Bekasi. Alhamdulillah rumah beliau sudah hampir selesai, insya4JJI akhir bulan ini sudah bisa ditempati…

Ada sesuatu yang unik yang saya temukan disana… Listrik yang dipasang adalah listrik prabayar yang merupakan salah satu program barunya PLN, walaupun saya sudah pernah dengar tentang listrik prabayar ini sejak beberapa tahun yang lalu tapi saya baru lihat sendiri brosurnya kemaren itu…

Program Listrik prabayar ini mencontoh pada program prabayar selular yang menggunakan voucher untuk memudahkan customer memonitor pengeluarannya perbulan.

Apa saja keunggulan dari program Listrik prabayar ini ?? ini dia klaim dari PLN yang diambil dari web pln :

  1. Mudah memantau pemakaian listrik setiap saat
  2. Disiplin menggunakan listrik sesuai anggaran belanja
  3. Tidak lagi terikat dengan pencatat meter maupun jadual pembayaran
  4. Dapat membeli token (isi ulang energi listrik) di banyak tempat
  5. Tidak ada istilah menunggak, sangsi pemutusan, biaya keterlambatan
  6. Tidak dikenakan Uang Jaminan Langganan

Saya masih penasaran dengan bagaimana kerjanya listirk prabayar ini ?? browsing di web pln kurang jelas, dan jawabannya saya temukan dari mbah google dan berikut kesimpulan saya  setelah baca2 dari beberapa sumber:

  1. Customer akan memperolah yang namanya Meteran Digital yang diklaim bisa mengurangi kesalahan pencatatan meteran listrik karena sudah pencatatan secara digital…
  2. Meteran digital akan ber­bunyi dan lampunya menyala apabila token (pulsa listrik) hampir habis (Jika sisa di bawah 20 kWh), yang merupakan pringatan untuk segera isi token (pulsa)
  3. Jika sisa kWh habis, maka listrik otomatis padam. Untuk menghidupkannya, input 20 digit nomor token baru
  4. Token (pulsa) tersedia di loket-loket Payment Point Online Bank (PPOB) dengan besaran dari Rp 20 ribu hingga Rp 1 juta, pelanggan akan mendapatkan nomor sebanyak 20 digit untuk dimasukkan ke dalam meteran digital
  5. Meteran Digital akan mengecek dan jika nomor token valid, layar meter menunjukkan nilai kWh sesuai yang dibeli. Listrik pun bisa digunakan
  6. Pelanggan dapat menge­cek pemakaian token dengan menggunakan kode, seperti cek pulsa di HP

Namun untuk outlet-outlet tempat penjualan token (pulsa) listrik prabayar ini, PLN hanya baru bekerjasama dengan Bank BPRKS, BUKOPIN, BNI, PT. POS INDONESIA dan OCBC NISP… sepertinya pengisian token (pulsa) listrik prabayar ini belum segampang pembelian pulsa prabayar selular yang tersebar dimana-mana…

Naah… Bagaimana kalau Token(pulsa)-nya habis tengah malam ?? tampaknya customer harus punya voucher cadangan sebelum token(pulsa) habiss jika tak ingin kegelapan dan kepanasan sampai pagi karena tempat pembelian token(pulsa) tidak mudah ditemui…

Pertanyaan lain, Apakah pelanggan lama bisa pula menikmati layanan listrik prabayar ini ?? jawabannya BISA tetapi harus mengganti meterannya menjadi meteran digital dan tentunya dikenakan biaya untuk penggantian ini…

Mudah2an PLN sukses dengan program listrik prabayarnya… dan mudah2an semakin banyak inovasi baru, seperti isi ulang token bisa via SMS, ato internet, dll… atau mungkin sudah kali yaah… saya saja yang ketinggalan informasi…

128 responses to “Listrik Prabayar : hemat listriknya, mudah caranya, banyak manfaatnya

  1. Saat ini jam 00.53 dini hari
    Saya pemakai listrik prabayar..
    Dan saat ini lg gelap2an krn listrik tiba2 padam 10 menit yg lalu..
    Rupanya saya lupa beli token..

    Adakah kode darurat.. Untuk meteran listrik ini agar listrik bisa menyala sampai pagi.. Baru saya bisa cari utk beli token listrik.

    Mungkin saya tidak terlalu berpengaruh jika kepanasan di malam hari.. Tp iba rasanya melihat anak seumur 2 thn yg ikut gelap2an dan kepanasan saat ini krn AC tdk dpt berfungsi.

    Pelajaran buat yg lainnya : mesti berfikir lg jika berniat mengganti meteran prabayar… Jika tdk ingin bernasip spt saya.. Thx

  2. duh..pulsa listrik habis pas hr minggu.mau bli dmn???
    gelap2an deh spt bpk kurniawan dan saya jg pny 2 anak balita.
    kasian mereka..terpaksa pake lilin d..hix..
    mending pake meteran yg biasa d..

  3. biasanya ada tanda merah kedip2 klo pulsa udah mau habis….
    tempat penjualan sudah banyak, tidak harus di bank2 tersebut, saya sendiri membeli di dkt rumah, di tempat jualan pulsa telepon…

  4. Listrik dengan Pulsa adalah pembodohan masyarakat.

    “Dimana cara ini diberlakukan untuk mengurangi penunggakan dari pelanggan yang sering merepotkan pihak PLN” -> PLN adalah PT, kenapa kita harus berkorban untuk kemudahan mereka ?
    Sementara, sebagai PT mereka melakukan monopoli dan hanya memikirkan keuntungan.

    Di negara manapun systemnya pake dulu baru bayar.

    PT yang sejati, prinsipnya adalah menjual sebanyak2nya untuk mendapatkan keuntungan. Anjuran berhemat listrik adalah kontra produktif dengan prinsip sebuah PT. Jadi seharusnya PLN menyediakan lebih banyak listrik.

    Banyak yang harus dipertimbangkan klo mau mewajibkan listrik system pulsa, jangan sampe seperti program konversi minyak tanah ke gas yang babak belur dan makan korban jiwa.
    misal :
    – saat memasang kita harus tambah biaya, kenapa ? kemana duwit jaminan yang kita bayarkan waktu pasang listrik pertama (system lama) ??
    – ketersediaan counter pulsa yang belum merata. Klo lupa ato kesulitan mendapatkan pulsa, siap2 marah2 alat elektronik kita mati ato data komputer hilang ….
    – kebutuhan listrik yg tidak setiap saat bisa diprediksi
    – “Tentunya pihak PLN juga harus memikirkan solusinya buat mereka.” Kalimat anda diatas sepertinya nadanya ringan, seakan solusinya cukup diselesaikan pihak PLN tanpa beban. Bukan sedikit petugas pencatat listrik yg ada. Mau nambah pengangguran dan ongkos sosial yang mahal ??

    Yang harus kita dukung adalah listrik PLTN. Asal dibangun dan dikelola dengan benar, saya yakin gak masalah.

    Selamat buat anda yg sudah memasang, klo ternyata sistem pulsa merepotkan anda coba tanyakan : bisa kembali ke sistem lama apa gak ??

  5. bener kebijakan sistem pulsa adalah sistem yg dzolim kpd masyarakat,sy baru diganti 1 bulan yang lalu lonjakan tagihan nya sangat tinggi biasanya tagihan listrik pake sistem lama hanya Rp.150-200 sekarang 450-500 dasar PLN setan,udah kita di dzolimi oleh para pemimpin ni PLN ikut-ikutan dzolim……jangan sampai deh anda ganti ke listrik sistem setan ini,AWAS!!!! biasa nya dng dalih naik daya listrik anda akan di rubah jadi sistem pulsa TEGAS saja anda tidak mau di ganti jadi sistem pulsa.

  6. selain dari PT.PLN.. sedang gencar gencarnya sosialisasi tentang pulsa listrik.. disamping itu gencar juga korupsi ramai ramai d tubuh PT. penerang indonesia ini… bayangin aja brow… gw merasa tertipu oleh oknum oknum PT ini dari segi pemasangan . katanya ada dua pilihan yg 900kwh dgn harga 1.6 jt dan yang 450 kwh seharga 1.3 jt… gw minta pemasangan listrik d rmh nenek yang 900 kwh dgn harga 1.6 juta. namun nyatanya gw dikasih yang 450 kwh.. alih alih plentat plintut lah.. akhirnya uang gw kembali cuma 150 rb..oknum PLN bangsat klo di itung itung untuk pemasangan 450 kwh gw kluar uang.. 1.450.000 . padahal menurut prosedur cuma 1.3 jt.. dasar oknum PLN. bangsat… mau di bawa kemana… negara qta klo sperti ini terus… cuuiiih…. makan tuh duit haram gw kaga rdho.. chuiiiihhh….!!! sorry klo kasar…!!

  7. Sdh pasang baru mahal, lama, dan banyak alasan : begitu dapat Listrik Prabayar lebih mahal dan boros and susah cari TOKEN, aku maunya pasang Pasca bayar katanya tdk ada alatnya (meterannya), aku dirumah yg pakai Meteran sebulan antara 135 ribu s/d 150 ribu, sekarang rumahku satunya pakai prabayar baru lima hari sdh 50 ribu berarti sebulan biasa 300 ribu ( beli token 50 ribu potongan adm bisa 7 ribu jadi hanya 43 ribu utk pulsa wah gimana nich harusnya adm ditanggung PLN)

  8. bener mas…ini saya lagi kebingungan beli pulsa. kami tinggal di desa yang jauh dari tempat pembelian pulsa. parahnya, hari sabtu kemarin saya mau beli pulsa tapi loketnya malah tutup, padahal biasanya buka. kantor pos desa nggak jual pulsa.hari ini kredit listrik tinggal 4 kwh. siap2 ngungsi ke tempat sodara nih.

  9. saya kesulitan beli pulsa prabayar pln daerah kranggan dan sekitarnya,gimana saya bisa jadi agen nya,,,biar gak susah2 carinya dan bisa ngasih solusi bwt masy sekeliling saya

  10. ya, Q setuju dengan pendapat kalian semua,,PLN itu memang…… kejam…..,,yang hanya menambah penderitaan,kita sbagai rakyat kecil,,tdk mmberi solusi ,,malah memeras kita. udah tarip daya listrik naik,, tapi apa,, listrik di daerah saya ngedrop ,, masak tegangan listrik skarang klo sore dari 220 volt turun jadi 150 volt,,akibatnya alat2 listrik saya sring rusak,,seharusnya PLN memperbaiki Ground, & mengganti kabel yg bnyk di curi, pd tiang2 listrik,…pdahal yng nyuri kbel pd tiang listrik itu adlh oknum PLN

    • Klo keberatan dengam pln silahkan cari penyedia listrik laen..anda yg sdh ada aliran listrik di rmh msh ngomel..saya yg daerah nya blm terjangkau msh menggunakan listrik pke mesin berbahan bakar bensin,betapa mahal nxa kami membayar..untuk 1mlm menghabiskan sedikit nya 5liter..jd menurut saya,anda ini termasuk org yg tidak pandai bersyukur,

      • Saya s 7 dgn bapak anymouse
        udh d ksih kelonggaran,, tp msih aja mau nyalakan oknum PLN.. Gk pke mikir panjang udh koment takaruan.. Klu emang gk suka dgn PLN lg,, ya udh lepas aja tu meteranx, gk usah pke listrik biar mampus skalian… Goblok semua,, smua mau nyalahin PLN..

  11. saya juga setuju dengan pendapat kalian semua…saya juga bru pasang listrik kemarin, padahal saya udah ngajukannya dri bulan oktober eh smpe sekrang baru terpasang anjing ga tuh…..saya di suruh bayar 1,2jt..eh pas saya liat di kwitansinya cuman 680.000..sisanya kemana udah gtu suruh bayar gi 3 ratus ribu buat pemasangan listrik prabayar, alasanya duit itu buat bayar denda selama 3 bln…

    PLN mlh menindas rakyat yg susah..dia hnya memikirkan keuntungan…

    • dah dari dulu gak heran kayak ngurus sim ama stnk motor juga sama tarifnya di naikkan 3 kali lipat.negara ini gudangnya aparat rusak,negara terkorup didunia.beragama tapi bobrok moralnya

  12. udah biaya naek …. fasilitas malah tmbah payah…. masih aja sering mati listrik …… trutama daerah mustika jaya bekasi timur … elektronik banyak yg rusak gara2 sering mati idup mati idup ni listrik …….

    • benar sekali,, karena seringnya mati lampu pelanggan sangat dirugikan..
      org2 kantor pln stempat sepertinya ga mau tau keluhan pelanggan, banyaknya oknum dr org2 pln jg sudah diketahui banyak org, mereka semua tutup telinga rapat pat pat…

  13. saya memiliki 2 rumah dan dua-duanya menggunakan prabayar. rasanya nyaman dan aman karena tidak perlu bayar biaya beban tiap bulan. lagian saya bisa beli pulsa Rp 20.000, pokoknya kalau pakai listrik prabayar itu menyenangkan deh. masalah oknum PLN yang bangsat, laporin aja ke kantor pln terdekat. kalau udah tau ada yg nakl, jangan didiemin supaya bangsa ini makiin bersih…

    Go PLN, jangan dengarkan masyarakat licik yang berfikir picik dan hanya menyalahkan PLN. masih banyak masyarakat yang baik dan bersahaja dengan PLN.

    sekali lagi ini adalah pengalaman saya menggunakan listrik prabayar. lebih murah, lebih hemat, dan lebih nyaman…

  14. Assalamu ‘alaikum…
    Untuk tmn2 yg mau psg baru sambungan tlpn, klo bisa jgn yg pra byr.
    Sungguh repot jika sudah terlanjur pasang sprti saya ga bisa tenang, hrs sering2 kontrol sisa pulsa pln pd sepedometer, blm lg klo lupa karna ksibukan & pas kebetulan hbs ugh… sungguh repot & jg malu sama tetangga kanan kiri.
    biaya pulsa sama sj sama system lama, cuma bedanya system lama kt bisa pake dulu bru ada tagihan..
    smg brmanfaat.

  15. dasar gayus masa selama kurang lebih satu tahun saya byar 150 rb/bln tp sekarang setelah pake token 250 rb edan gak ngapain taat listrik lebih curi biar PLN ngak enak sendiri makan uang kita perutnya gendut matinya di tubles ku besi panas enak sementara setelah mati masuk neraka

  16. buat bpk2 PLN yg di sana,….tlng klo bikin Inovasi jgn kaya bikin kelinci percobaan,perhatikan jg kemungkinan2nya, inovasi hrs di dukung dgn sarana yg jelas dan mudah di dpt, jgn bikin orang kebingungan isi ulang pulsa nya, sedia kan fasilitas pengisian token yg mudah dan nonstop. jgn membodohi masyarakat, zaman sekarang sudah terlalu bnyak orang pintar, dgn sistem pulsa ini memberikan peluang korupsi terselubung, krn dengan mudah nya dia mengurangi nilai pulsa yg tertera tanpa sepengetahuan konsumen, makin marak nya mafia yg tak nampak…tlng pak kinerjanya di perhatikan ..!!!!! jgn sampai oknum PLN makmur hidup nya dari penderitaan rakyat, krn mudah nya meraup keuntungan dari sistem ini. tanks….bravo PLN

  17. setiap teknologi ada lebih dan kurang….awas…atm aja bisa dibobol yang tingkat keamanannya tinggi…..siap2 PLN ke hacker…..

  18. Prinsip PLN, yang penting barangnya laku, selanjutnya terserah anda………hehehe…(mau marah, mau kecewa, mau bingung de el el)…..

  19. saya sangat setuju sekali dengan program yang diberikan PLN saat ini. semoga kedepannya PLN menyediakan voucher dibawah 5 ribu rupiah. Pertanyaan saya adalah: untuk daerah bogor dikelurahan cimahpar, dimanakah cabang PLN terdekat?

  20. kalau sepedo meter pra bayas ada tulisanny periksa bisa di isi pulsa gk,soalny posisi sepedo meter jaraknya sama rumah 2,kilo mtr pakai kabel 1 lagi.

    • aku sih baru masang bulan agustus 2011 kemarin, sampe sekarang nggak da masalah tuh sama model baru ini. Kalau memang pelanggan lain merasa di rugikan apakah nggak bisa demo tuk merubah sistem kerja pln.

  21. pln prabayar terlalu memberatkan pelanggan bayangkan setiap hari harus mengeluarkan biaya itu terlalu boros !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! terlaluuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  22. PLN pembohong besarrrrrrrrrrrrrrrr untuk yg blm pake pra bayar mendingan jangan deh… borosnya minta ampun .punyaku 2x lipat dari sebelumnya dulu cm 80rb sekarang pake pra bayar nyampe 150rb.katanya lebih irit…itu mah bukan irit tp orot… mudah2an ada adzab dr tuhan supaya pada insafff siapa saja yg bersangkutan dengan PLN.

  23. Muatamu PLN asu sekarat picekk

    Mana heh katanya layanan yang baik dan benar?

    Jadinya jauh lebih boros gini!!!!

    Gw tanya mau dibalikin ke awal kok ga bisa?!?!?!

    PLN ASUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU!!!!!!

  24. aq jg pernah nanya k pegawai pln cara ngecek pulasanya…tapi mereka bilang g ada… cuma sekedar bunyi kaya hp saja…. sungguh sistem ini g efektip sekali….
    masa bayarannya lebih mahal… trus kita harus py cadangan pulsanya lagi……
    sistem seperti ini yg bisa menimbulkan bibit teroris ,…. apa harus di bom saja PLN ini….

  25. Dulu sebelum pake pra bayar habis sekitar 150 ribuan, kemudian aku ganti ke prabayar sekalian tambah daya, token 100rb habis untuk 1 minggu, jadi 1 bulan bisa yampe 400rb kog jadi tambah mahal ya……kalo gini terus bisa berabe pikirku……, yg lebih ga masuk akal lagi waktu rumah ditinggal 1 minggu keluar kota aku isi token 100rib, pulang dari berpergian pulsa tinggal dikit, padahal d rumah hanya nlayain beberapa lampu doang (ga pake kulkas, pompa air, ac) wah berarti pulsaku kesedot dong…. rugi aku……, lalu aku hubungi pihak yang dulu pasang instalasinya…., ternyata ada kesalahan waktu pemasangan instalasi hingga menyebabkan gangguan pada meteran, setelah dibetulin sekarang dah normal lagi 100 rb bisa dipake 1 bulan bahkan kadang masih sisa dan ini sudah berjalan 1 tahunan…. mungkin yang lain bisa cek dulu meterannya (biasanya kalo eror di layar ada tulisan SALAH)

  26. PLN,,KLU MATI LAPU HANYA BISA MAAF SAMA MASARAKAT TAPI KLU TAGIAN TELAT BAYAR DI DENDA,,DENDA BESAR LAGI,,MEMENG PLN BIANG MAFIA KORUPSI,,HATI2 AJA MAKAN DUIT ASIL KORUPSI PERUT NYA PADA BUNCIT,,BERTOBAT LAH PLN

  27. pengalaman saya pakai meteran pulsa dari pertama pakai langsung muncul tulisan “PERIKKSA” akibatnya ga bisa diisi pulsa , tiap isi pulsa harus panggil petugas pln,saya minta penuntasan masalah tersebut malah petugas cuma bilang “ini kesalahan petugas instalasi listrik” saya….?????!! berkali-kali telepon petugas pln…dan yang dilakukan hanya tamper kode untuk sementara setelah itu “PERIKSA” tetap ada…kesannya harus ada uang ongkos kerja baru mereka mau selesaikan….repot..!!

  28. listrik prabayar boros ,saya nyesel pindah ke listrik prabayar/pulsa … dulu saya bayar -+ 100rb/bulan tapi sekrang jadi 280ribu per bulan,,, sial sial,,,,, liilistrik prabayar

  29. PERIKSA -> ada arus yang “menyelinap” dari Netral ke Ground (coba cabut PC, TV, AC, M Cuci). Jadi masih ada ground yang terhubung ke netral (masih belum murni terpisah). Bisa diperiksa pada MPB atau MCB Box.

  30. kemungkinan boros listrik karena ada arus yg masuk dari sistem 3 phasa PLN yg Netral ke ground rumah melewati meteran trus balik lg ke trafo PLN, walaupun listrik ga dipake tetep aja ada sinyal arus yg balik ke trafo PLN. cek skema grounding-nya ma yg ahli !!!

  31. wahh.. kasihan negara ini..
    masyarakatnya terbiasa apa2 subsidi..
    BBM,Listrik,disubsidi, kalo dulu saat yang pny mobil jarang seh gpp BBM dsubsidi krn lbh byk utk keg. ekonomi , jika dulu saat 1 rumah hny pny bbrp lampu,dan masih jarang yg pny tv,kulkas,ac dll seh ok,
    dlu gaya hidup masy.indonesia sangat sederhana…
    skg ja, model org indonesia kbykn seperti anak manja, yg sll pengen bergaya ddpn org lain agar dilihat org byk duit, tp sebenarny buat beli listrik dn bbm ja kesulitan minta ampun…
    pembaca yang cerdas pasti mengetahui bahwa anggaran banyak dihabiskan untuk subsidi dan gaji pns yg hampir dsetiap daerah mencapai 80% lebih.. jgn salahkan pns juga,mereka pns merupakan bentuk lain subsidi yang diberikan dr negara untuk mengatasi kemiskinan, dan itu lebih baik daripada BLT bkn?
    jadi seharusnya seiring dg meningkatnya kesejahteraan masy. kita harus bersyukur, krn tidak ada negara yang memiliki populasi penduduk yang begitu besar(th90an populasi indonesia 150jtaan, skg 370jt lbh penduduk indonesia) tetapi tetap mendapat subsidi yg sangat luar biasa jumlahnya, maka wajar negara mulai kewalahan mensubsidi …

  32. udah 3 bulan listrik prabayar,aman2 aja tuh,malah lebih hemat,dibanding pakai meteran model lama,kalo meteran lama biasa bayar Rp 75.00 perbulan, sekarang Rp 50.000 perbulan itupun masih ada sisa sekitar 10-20 kwh.kayanya banyak penyempurnaan/perubahan pada meter prabayar untuk tahun 2013 ini,memang sih sempat ragu, tapi setelah nyoba sendiri baru tahu…

  33. pake listrik pra bayar lebih menguntungkan apalagi buat saya yang usahanya kontrakan rumah, tentu kita tidak akan direpotkan oleh penyewa rumah yang suka nunggak bayar, klo sampai nunggak n dicabut tuh meteran kan repot kita, pa lagi klo ada penyewa yang tiba2 kabur entah kemana, bisa lebih gawat.

  34. PLN anjing ,,, di paksa ganti prabayar,,,tp g bri solusi yg baik”,pd msyarakat,,,bilang irit malah 2 kali lipat pembayaranx,,,bukan msyarakat sejahtera,,malah msyarakat”menderita”,,,,mnyakt yg ngeluh,,udah ganti dg prabayar”,,harus di basmi tikus2” PLN,,,yg makan uang haram

  35. Buat PLN,Tolong kami di pulaw kalimantan di perhatikan,jangan listrik padam mulu,rasa2 nya kaya masih kena jajah aja,sumber daya alam kami di ambil habis2 an,listrik aja kaga betul,sampe ada omomgan di warung,kita org kalimantan kaya nya di jajah org bangsa sendiri.

  36. listrik kami beberapa hari ini kok terasa agak boros apakah ada yang salah dalam pemakaian atau metyerannya yang eror, kami pengusaha loundri listrik pulsa 1300 merk hexing mohon tanggapan

  37. dari uraian tanggapan /jawaban PLN/bukan pln kok rasa-rsanya perkataanya kurang bisa dicontoh anak mudah sekarang, mohon baik yang nanya / yang jawab lebih menggunakan kata-kata yang lebih sopan , semua kecewa tapi yah jangan di umbar kaya gitu, kita tata bersama yang kurang benar dibenarkan .yang bertanya dijawab sebisanya. terima kasih

  38. Asalamualaikum
    PENGALAMAN PASANG LISTRIK PRABAYAR
    Tgl 3 Februari 2014 hari Senin aku ke kantor PLN UPJ yang beralamat di JL Mangkubumi 16 Yogyakarta, setiba di depan kantor pak satpam memanggil ,”bu ada perlu apa?” Aku jawab “mau pasang meteran baru yang prabayar” lalu pak satpam menunjuk seseorang di dekatnya “ini pak Bambang petugas yang menyambung atau memutus listrik bu, sama aja ibu ke dalam kantor ini nanti juga pak Bambang ini yang ditugaskan bu” karena aku butuh cepat makanya aku turuti saja.

    Pak Bambang meminta fotokopi ktp yang memang sudah kubawa lalu pak Bambang akan menuju lokasi pemasangan listrik yang aku ajukan,setelah sampai lokasi dia mengukur panjang kabel,titik instalasi yang memang sudah ada karena masih nyambung dengan meteran yang sudah ada kemudian memberitahu perincian biayanya pasang baru listrik prabayar 1300 wat dan biaya instalasi semua total Rp 2.625.000 kutawar karena ruang kecil dan instalasi yang lama sudah ada jadi totalnya Rp 2.100.000, aku bayar tunai agar cepat dipasang meteran listrik prabayar tersebut.

    Tiga hari kemudian malam hari Rabu  pak Bambang sms begini “bu besok bisa saya pasang listriknya sebenarnya proses 10 hari kerja tapi ibu tambah uang Rp 100.000 untuk percepatan keluar meteran  buat gudang” aku tidak mau karena sudah sepakat Rp 2.100.000 sudah semua beres pasang cepat meteran prabayar tersebut.

    Hari kamis pagi pak Bambang sms bahwa pukul 10.00 wib datang kelokasi mau pasang meteran listriknya, sebelum kabel dipasang pak Bambang tanya suamiku kerjanya dimana aku jawab suamiku kerja di Polres ha.. ha.. ha..padahal sahabatku semua kan tahu kerja suamiku bukan di Polres hanya trik aku untuk menakuti saja, pak Bambang terus tidak berani meminta uang tambahan lagi dan pemasanganpun selesai, alhamdulillah.

    Sahabat semua itu pengalamanku pasang baru listrik prabayar 1300 wat.

  39. Aku petugas pemasangan KWH meter dari PLN,cuma saran aja..kalau rumah kosong yg jarang ditempati,mending pakai listrik prabayar..kalau rumah ygntiap hari kita tempatin,mending pakai listrik pasca bayar.

  40. Kalau saya sdh pakai sms banking utk prabayar listrik pocher…jadi gk repot kapan mau isi,,,asalkan selama saldo Bank ada terus..

  41. aduh saya deg degan nih baru ganti ke prabayar,hbsnya yg pasca byar tagihannya gde terus karena dayanya 1300watt tp skrng udah diturunin jd 900watt tp sistem prabayar.

  42. Sbnrnya sy jg gak suka memakai listrik prabayar tp sy pakai trik memakai lampu2 yg 15 & 18 wtt & stiap mlm sy relain gak prnh hidupin kulkas & hnya mmakai kipas angin. 20rb hnya sminggu. Bagi tmn2 & sodara2 Q s’indonesia Jk kalian smua mrs sngt drugikan oleh pihak PLN tinggal b’doa jj minta sm Tuhan agar dberi hukuman & adzab dunia yg setimpal atas p’buatannya yg sllu trtawa & menari d ats keluhan2 & penderitaan rakyat krn do’a orng2 yg t’zholimi psti akn cpt d ijabbah oleh YMK

  43. wakwaw listrik prabayar mahal
    20.ribu seminggu
    Kali satu bulan 6o ribu kadang lbh
    Bapak saya cuma tukang beca
    Wuuuuh ngrusin listrik
    Sampe2 makan pun susah
    Padahl nyalain tv satu aja
    Truus aja ga bsa NSB nya ngejeplak aja
    PLN sama orang ga punya
    Sama ga adil nya
    Aku Cuma bisa diyem dan baerdoa saja mudah2an ada jlan nya

  44. secara actual pemakaian listrik prabayar dg meteran itu lebih boros dimana letak penghematannya,program itu hanya menguntungkan sepihak tanpa melihat kondisi rakyat kecil…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s