Vietnam [ Day 3 ] Jalan-Jalan Pagi di Halong

Again, tak ingin mensia-siakan waktu luang, sehabis subuh dan mandi pagi, saya kembali berkeliling-keliling sekitar Mithrin Hotel Halong, tapi kali ini tidak bersama Mas Azis, beliau kecapek-an sehabis pulang dari Halong Night Market semalam…

Hmm… seperti biasa udara pagi itu memang segar, bersih dan dingin… semakin membuat saya bersemangat untuk memulai hari… pertama kali saya berjalan menuju tepi pantai yang sejak kemaren malam sangat menggoda untuk dikunjungi jika dilihat dari jendela hotel… sebagai informasi di kawasan Mithrin Hotel ini sedang banyak pembangunan hotel-hotel… yaaa dikarenakan jarak yang tidak jauh dari objek wisata Halong Bay, yang sudah dua kali masuk dalam World 7 Wonders nya UNESCO, membuat tempat ini ramai sekali dikunjungi turis… jarak yang jauh dari ibukota Vietnam, Hanoi, mau ga mau jika ingin mengujungi Wisata Halong Bay harus menginap dulu di Halong… sehingga bisnis Hotel/Penginapan laris manis disini…

Pantai di hadapan Hotel ini belum terawat dengan baik, mungkin jika pembangunan hotel-hotel disekitar sini sudah selesai, barangkali pantainya akan lebih terawat… kemudian saya lanjut ke daerah di belakang hotel, ternyata disana banyak ditemukan rumah-rumah penduduk, banyak tempat usaha juga disana, tapi yang paling mencolok adalah banyaknya tempat-tempat untuk massage seperti yang dikunjungi teman-teman seperjalanan saya semalam… mungkin saking terkenalnya massage vietnam, peminatnya juga banyak… kata teman saya yang semalam kesana, yang ngantri untuk di massage saja puluhan orang… beruntung mereka sudah reservasi dulu sebelum datang, sehingga bisa dapat di massage duluan… katanya sih kalau enak ga enaknya di massage tergantung orang yang mijat-nya kalo dapat yang ahlinya ya enak… tapi kalo dapatnya yang kurang jago, dapatnya cuma sakit-sakit doank… tetapi katanya yang membuat berbeda dengan massage-massage yang ada di indonesia adalah cara mereka memijat, katanya memang rada unik…

Lanjut jalan-jalan saya menemukan sebuah pasar tradisional vietnam… Hmm penasaran, langsung saya masuk untuk melihat-lihat seperti apa pasar tradisional vietnam, tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional di indonesia, disini juga banyak kios-kios, lapak-lapak yang jual daging, sayuran, buah-buahan, ikan, dan banyak lagi… satu yang menarik adalah disana ada satu kios tempat pembuatan tahu sampai mulai dari masih berbentuk kedelai, diolah, di cetak sampai siap untuk dijual… terus terang ini pertama kaliknya saya melihat cara pembuatan tahu, selama ini yang ada dipasar adalah tahu yang sudah jadi, tidak tahu cara pembuatannya.

Sebenarnya disekitar sini juga banyak yang berjualan souvenir-souvenir khas vietnam, tetapi berhubung masih pagi, tokonya masih belum dibuka… dan berhubung sudah jam 7 pagi, saya kembali ke hotel untuk sarapan, check out dan lanjut ke tujuan utama Halong Bay…

Tinggalkan Balasan

